Sunday, August 31, 2008

sim A

Rabu pagi, jam 8 kurang gue udah berangkat naik taksi dgn tujuan stasiun busway blok m. gue janjian sama anto utk bikin sim di daan mogot, Jakarta barat. Krn lokasinya jauh dan rawan macet, kita janjian utk menggunakan fasilitas busway dr blok m ke harmoni terus transfer yg ke arah kali deres, dan turun persis di depan lokasi pembuatan sim daan mogot. kebetulan si anto mau ikut ujian sim c utk motor, krn ujian pertamanya gak lulus, jd dia hrs mengulang setelah 2 minggu…gue jd ikutan aja sekalian bikin sim A baru, krn sim lama gue yg udah expired itu gak tau kemana, kayaknya sih ketinggalan.

Si anto ini ingin menunjukan kalo bangsa kita itu bisa berubah mjd bangsa yg maju kalau di mulai dr diri kita sendiri…berdasarkan motonya ini dia mau membuat sim dgn jalan yg normal tanpa tembak langsung.

Gue sbg temen yg baik respect banget sama semangatnya, tp kalo gue sih gak mau deh bolak balik ke daan mogot utk urusan sim, selain jauh, panas, buang2 waktu dan jg ongkos….emang sih biayanya lebih murah, cuma sekitar Rp120ribu, mendingan yg cepet aja deh, sekali dateng langsung beres.

Dari blok m sampe daan mogot cuma ditempuh sekitar 1 jam dgn busway, lumayan kan…sejak kita turun di stasiun busway di depan lokasi pembuatan sim, kita sudah di teror sama calo2 sim yg terus dgn semangat yg tak kunjung padam ngikutin kita jalan sampe depan kantor polisinya…jd kita bener2 hrs tegas bilang nggak dan cuek abis krn mrk pantang menyerah, lagian gimana mau percaya sama mrk yg kayak preman lupa mandi, kalo bener sim kita jd kalo duitnya di bawa kabur gimana…..

Begitu lewat pintu gerbang kita langsung tes mata, utk sim a bayar Rp20rb, utk sim c Rp10rb kita dikasih formulir kalo lulus tes mata, terus bisa lanjut lg tes berikutnya, tes tulis dan terakhir tes praktek.

Tes matanya gampang banget, yah kalo matanya bagus kayak gue, kalo matanya agak2 siwer hati2 deh, krn penerangan di ruangan tesnya gak bagus. Lulus tes mata gw beli pensil 2b dan bolpen, buat tes tulis kata si anto. Udah itu masuk deh kita ke kantor polisi nya utk tahap selanjutnya, ruangan tes mata ini terpisah dr kantor utama, jd kita hrs melewati tempat parkir dulu, disini jg para calo mulai nawarin jasanya tp gak se brutal di stasiun busway td, krn mgk mrk takut, sama siapa gak tau….

Begitu masuk mata gue langsung celingukan, sama siapa nih kira2 yg bisa memperlancar pembuatan sim gue…

begitu liat ada polisi provos yg megang ht, gue samperin aja, trus gue tanya, “bisa memperlancar pembuatan sim saya pak?”

dia bilang “ya bisa aja, kenapa gak” he,he,he…kayaknya nih udah jd jawaban yg biasa yah di Indonesia….

gue tanya “brp biayanya pak?”

dia jwb “ kalo mau dibantuin lulus ujian Rp450rb, kalo mau langsung jd tanpa ujian cuma foto aja lebih mahal lg”

gue bilang “mahal amat pak, saya cuma punya uang Rp300rb”

dia jwb “kalo mau beli formulirnya sendiri bisa Rp350rb, harga formulirnya Rp75rb sama asuransi Rp15rb” itu kan totalnya jd Rp440rb cuma beda Rp10rb sama kalo formulirnya di beliin sama dia….

“ya mahal amat pak, saya beli formulirnya dulu deh”

Setelah beli formulir dan asuransi (buat asuransi mrk butuh 1 poto copy ktp) gue liat ada polisi provos yg lain, gw samperin aja….gue tanya dgn pertanyaan yg sama dan ternyata jawabannya jg sama, Rp350rb krn gue udah beli formulirnya sendiri….hmmm kayaknya nih harga udah jd standar yah buat mrk, gak bisa kurang lg, kalo lebih yah pasti bisa lah…trus gue tanya “brp lama pak jadinya” dia bilang “secepatnya lah, skrg jam 10:30 jam 1:30 udah bisa selesai” jd sekitar 3 jam an….not too bad…ya udah gue iyain aja…trus dia panggil seorg cleaning service bernama dedi utk ngurusin sim gue, a ha…..jd yg muter2 bukan dia tapi si dedi ini, dia cuma jd god father nya aja…trus si polisi ini bilang “uangnya kasih ke dedi aja”….sama si dedi gue di ajak ke toilet…huh ini si dedi mau ngapain ngajak gue ke toilet??? Ternyata di toilet dia bilang “biayanya Rp350rb pak” ya udah krn udah di bilangin sama si polisi kalo uangnya dikasih ke dedi aja, gue kasih deh uangnya. Setelah menerima uangnya gue di suruh tunggu di ruang tunggu nanti tunggu aja di panggil sama si dedi…oh yah, gue lupa sama si anto….setelah gue udah dpt polisi yg mau ngurusin, dia langsung menuju ke ruang tes teori.

Gak brp lama gue nunggu, si dedi manggil gue dan ternyata korbannya si dedi nih ada 2 org lg, 1 ibu2 (mau ganti sim dr a ke b1), 1 lg bapak2 (ganti dr sim a umum ke sim a polos, banyak kan macemnya sim di Indonesia)…sama si dedi kita di ajak ke ruangan tunggu di dalam, setelah nunggu sekitar 15 menit an si dedi manggil gue utk ikut ujian teori di ruangan atas, dia bilang ujian nya formalitas aja…ya udah gue naik ke ruangan ujian teori di lt 2. Ujian tulisnya tuh menggunakan pensil 2b krn udah komputerisasi..katanya…dr 30 soal pilihan ganda, kalo bener minimal 18 dianggap lulus, kalo cuma bener 17 gak lulus. Setelah di beri pengarahan cara mengisi lembaran jawaban dgn menggunakan pensil 2b, kita disuruh mengambil soal2 yg sudah dilaminating jd bisa digunakan berulang2….ada soal utk sim a, b, dan c….tergantung dr sim apa yg mau kita ambil…yg lucu ada anak yg sampe depan celingak celinguk, pas ditanya kamu mau apa sama polisi nya dia bilang saya mau ikut ujian utk sim motor tp gak tau sim motor itu sim apa a, b atau c….he,he,he….

Selesai ujian yg menurut gw soalnya gak susah, tp ada jg sih yg pertanyaanya ngejebak, spt kayaknya dr jawabannya yg pilihan ganda gak ada yg bener…kita cuma dikasih wkt 15 menit…baru 5 menit gue udah selesai…yah namanya aja formalitas….setelah soalnya dikumpulkan gue disuruh nunggu hasil ujiannya di depan loket 5 di lantai 1. Setelah nunggu sekitar 45 menit krn kepotong makan siang, nama gue dipanggil, gue liat hasil ujiannya dan lulus…ya iyalah kalo gak lulus bakalan gue cari tu polisi yg tadi, minta duit gue balik.

Terus gue ikut ujian praktek, beli lg formulirnya Rp10rb…abis beli formulir gue ditunjukin mobilnya yg mana yg harus dipake…mobilnya tuh mobil Suzuki apv, yah sejenis small van lah…pas gue sampe di mobil yg dimaksud di dlm mobil udah ada 3 org, gue org ke 4, jd 1 org polisi yg duduk di passenger seat, 1 org di belakang kemudi, gue sama yg 1 org lg duduk di belakang. Terus polisinya minta formulir kita dan dia bilang “yah utk formalitas ceban (Rp10rb) aja utk 1 org” ya udah kita kasih ceban tuh polisi…abis dikasih duit dia suruh org yg duduk di belakang kemudi utk nyupir ngelilingin taman kecil, abis keliling taman 1 kali, disuruh berhenti…trus polisi nya bilang “saya anggap semua bisa nyupir dan semuanya saya luluskan”…. hua,ha,ha,ha mantap gak…gue kan cuma duduk dgn manis aja di kursi belakang gak ngapa2in…..

Abis “ujian praktek” trus kita foto…sblm di foto kita hrs mastiin dulu di layar computer kalo semua data yg akan di print tuh semuanya bener, setelah kita cek semua datanya dan bener kita di suruh cap jempol trus duduk utk di foto. Selesai di foto di suruh nunggu di loket terakhir utk ngambil sim nya….nunggu paling cuma 5 menit, nama gue dipanggil dan selesailah sim A gue….cihuiii….pas gue liat jam, udah hampir jam 2. Udah lebih dr 2 jam kita disana..gerahhhh bangettt, rasanya pengin mandi cibang cibung….

Gue sorry banget sama si anto…dia ternyata gak lulus lagi utk yg ke 2 kalinya….dan harus ikut ujian yg ke 3 dalam wkt 2 minggu mendatang….dia bilang kalo ujian yg ke3 dia gak lulus jg, dia bakalan nulis di koran mengenai pembuatan sim…hi,hi,hi….yg lucunya kita gak boleh liat hasil tes kita….jd katanya kalo kita gak lulus tuh emang disengajain sama polisinya biar tau rasa, begitulah akibatnya kalo gak bagi2 duit…it’s so absurd….setelah ujian yg ke 3 biasanya baru dilulusin….kacauuu….tp utk mengulang ujian tuh gak dikenakan biaya lg, hanya rugi waktu dan tenaga….

Sebelum pulang kita makan dulu di kantinnya, gue makan soto betawi yg rasanya biasaaaa banget….abis makan kita shalat dzuhur dulu di masjidnya, pas gue ambil air wudlu, wuuiihhhh….. terasalah betapa asinnya itu air….udah sama dgn air laut aja asinnya….kasian yah….jadi air tanah utk daerah sana tuh udah bercampur sama air laut….coba bayangin….. jd utk makan, minum, dan mandi mrk hrs beli air bersih….yah utk org yg mampu mgk gak apa2 tp kalo org yg gak mampu gimana???


Counters

Free Counter

No comments: