Sunday, October 26, 2008

Tasik Malaya

Ki-ka: bambang, komar, heru, yola, ririn

Hari sabtu pagi sekitar jam 7an gue udah di jemput utk berangkat ke tasik dengan tujuan mencari dan survey souvenirs utk di olah dan di ekspor ke manca negara (penginnya sih). Gue ikutan dalam posisi sebagai konsultan dan peramai suasana sekalian jalan2 liat gunung galunggung. Setelah jemput sana sini akhirnya gue, bambang sbg driver, ain, heru, yola dan komar berangkat deh ke tasik yg memakan waktu sekitar 4jam an dr Jakarta.

Jakarta – Bandung kan sekitar 2jam an, nah tasik tuh masih terus lagi sampai ujungnya jalan tol, masuk garut, nagreg, suralaya dan setelah sekitar another 2 hours drive baru deh masuk tasik. Setelah memutari sebuah gunung yg gue gak tau namanya (coba kalo itu gunung ditembus terowongan pasti deh perjalanan jd lebih cepet) dan sebelum masuk tasik, krn udah pd cranky kelaperan walaupun sebelumnya udah pada beli cemilan like manisan (krn boleh nyicipin manisannya sebelum beli, gue nyicipin aja segala manisan yg aneh2 like salak, cereme, anggur dan lainnya pokoknya yg gue liat aneh buahnya gue cicipin aja yg ternyata enak semua….walopun rada ngeri sakit perut he,he,he…untung gak apa2), chips, cookies, smoking break dan pipis di rest area gak cukup, mampir deh kita di restoran sunda sedikit di luar tasik, namanya restoran gentong. Pas masuk ini restoran gue celingak celinguk mana gentongnya knp di namain gentong…dan gak ada gentongnya yg significant gitu…adanya vespa lama yg udah dimodifikasi jd panjang dan di taruh di dalem sbg pajangan… mending bagus lagi (menurut gue lho)…Utk bapak/ibu yg punya restoran gentong yth kalo baca blog gue ini (kyknya gak mgk deh ya) gw punya usul gimana kalo itu vespa diganti aja sama gentong raksasa yg guede banget gitu yg dihiasi dgn tanda tangan para celebrity yg dateng kyk gue, krn ini restoran asik banget buat berenti makan dan relaks stlh duduk di mobil berjam2, jd pasti ada kmgkinan kalo ada celebrity yg mau pulang ke tasik atau jln2 dan mencari souvenirs spt kita itu mampir disini…pasti kan seru…liat aja foto di atas gimana kita makan kyk org gak ketemu makanan selama 2 jam (emang iya)…wkt itu menunya gurame goreng, ayam goreng, lalapan, pete bakar (muantap), sayur asem, sambel yg jg pake ganja krn enak banget…terus makannya sambil lesehan dan pake tangan makannya….muantabb lah….Abis makan kekenyangan, bambang si supir sama si heru sampe tidur2an kekenyangan, krn gaya makannya lesehan jd elo tinggal rebahan aja udah tiduran deh…setelah cukup istirahat and I think yola and pasangannya si heru went for no.2 hi,hi,hi…ok, perjalanan di teruskan ke tujuan tasik yg sudah didepan mata setelah tanya sana sini sampe deh kita di workshop nya pak haji dendi. Siapakah Pak haji Dendi ini..beliau adalah salah satu rajanya pengrajin di tasik malaya yg ternyata adik guru ngajinya si ain, tp sayang sekali kita tdk dpt bertemu dgn pak haji (he’s in the early 30’s) yg katanya sedang ke luar ada perlu. But that’s fine, we still can go to see how they work.

Workshopnya pak haji berada persis di belakang rumah pak haji yg besar banget, mgk workshop plus rumah pak haji menempati tanah seluas 5 hektar an.

Urutan pekerjaannya tuh pertama2 bahan2 yg ada yaitu cardboard dan bahan2 anyaman daun pandan di potong2 sesuai dgn pesanan



Urutan pekerjaannya tuh pertama2 bahan2 yg ada yaitu cardboard dan bahan2 anyaman daun pandan di potong2 sesuai dgn pesanan. Kemudian bahan anyaman pandan tsb di jahit utk di buat spt pola yg telah ditentukan.



Setelah cardboard dan bahan2 siap maka langkah selanjutnya adalah assembling atau menyatukan semua bahan2 yg tersedia utk dijadikan produk yg diinginkan. Wkt itu mrk sedang membuat kotak ukuran sekitar 30x50x20cm dr bahan anyaman pandan. Utk menyatukan bahan2 ini yg dibutuhkan hanyalah lem, paku kecil, palu, ketrampilan dan kesabaran. Kalo kita trampil tp gak sabaran bisa2 jadinya bukannya kotak pesanan tp malah combro dan misro huh??!! Hi,hi,hi…



Udah itu tahap selanjutnya quality control, nah mbak2 yg pada pake jilbab itu lah yg melaksanakan tugas ini. Mrk jg dgn sabar meneliti satu2 kotak yg telah di buat apakah ada salahnya, kalo ada salahnya ya dicuekin aja…he,he,he…ya nggaklah kalo ada salahnya yah mrk benerin lagi semaksimal mgk, mgk jahitannya kurang bagus, bisa dijahit lg, makanya ada mas2 tukang jahitnya di foto di atas, atau kalo ada darah, jari atau kuku dr pengrajin sebelumnya yg ketinggalan bisa di bersihin….hiiii sadis banget ya…..

Gue jg sempet foto sama mbak2 ini gw bilang nanti masuk majalah deh mbak…mulailah si mbak2 ini cekikan ngomongin gw kayaknya dlm bhs gaul mrk yg artinya tuh “asik nanti kita masuk majalah dan difoto bareng sama cowok boxy (botak sexy) nanti kan fotonya bisa kita pamer2in ke anak cucu kita kalo dulu maknya tuh pernah jg jd foto model” ha,ha,ha….lebayyy….




Ini adlh finishing produknya, bagus kan…dan tau gak produk ini bakalan di ekspor ke amerika utk suatu toko yg kalian pasti udah pada tau…Target!!! Jd tolong aja diliatin brp sih target ngejualnya disana, krn kalo di jual disini harganya sekitar 30rb yah itung aja sendiri brp dollarnya. Target tuh mesen sebanyak 4,500 pcs dan penjualannya tuh tdk langsung ke target tp lewat agen yg ada di amerika. Jd dr agen itu barulah masuk target, jd harganya udah berlipat2 begitu sampe target. Kenapa begitu….krn memang utk perdagangan internasional tuh di butuhkan seorg agen yg akan mengurus semua dokumentasi, negosiasi sampai quality control product tersebut.

Produk yg siap utk di masukan ke dalam container utk di ekspor, mrk bikin kotaknya tuh jd flat biar easy to pack and to ship. Nanti tinggal di buka aja kayak kotak biasa di tujuan.



Ini ruang pamernya workshop pak haji dan ini hanya sebagian dr produk mereka, masih banyak lg produknya yg gak di foto. tp barang2 ini gak bisa di beli hanya utk contoh dan di pamerkan, kalo kita mau beli kita dipersilahkan utk pergi ke retail mrk di pusat penjualan souvenirs di tasik yg akan diceritakan di posting berikutnya. Gue baru sadar stlh ngeliat foto ini ternyata tuh sebagian besar produk mrk berbentuk kotak gak ada yg bulat licin kayak kepala gue ha,ha,ha…




1 comment:

Unknown said...

Widiiih Om Ii genduuuut!!! :P
Btw gue juga ngikutin Entourage yg baru. Hihihi