Saturday, October 11, 2008

Lebaran

The nasutions

LEBARAN

Minal Aidin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin…

Alhamdulillah, akhirnya ngerasain jg lebaran di jkt bareng2 keluarga walaupun minus bokap, hiks :(…seperti biasa setiap lebaran seperti yg udah2 kita sekeluarga berkunjung ke rumah sodara dr nyokap dan bokap. Banyak banget sodara2 yg gue gak ngenalin krn udah pd gede2 jd pd berobah mukanya, ada jg sih yg awet muda kayak gue he,he,he…yah setelah sekian lama gak pernah ketemu sekalinya ketemu bisa bengong, bisa ketawa2, bisa bête tapi yg penting kan silah turahmi nya….kalo masalah makanan jgn tanya deh, buanyak buanget ngalir terus gak putus2, mostly makanan lebaran spt ketupat or lontong plus opor ayam, rendang, sambel goreng ati, tumis buncis, banyak deh belum kue2 lebarannya dr nastar, kacang, castengles, lidah kucing, kuping kuda, idung bebek, mata kodok…he,he,he… idih geli banget yah kalo ada kue yg namanya kayak gitcu…

Hampir aja gue gak shalat ied paginya, krn bukan guenya yg telat tp mrk nya yg mulainya kecepetan. Dr sejak jaman dahulu kala kan shalat ied tuh mulainya jam 7 pagi, masak pas gue dateng jam 6:50 shalat nya udah mulai, pantesan sepi banget di jalanan gak ada org, gak ada mobil…ya udah dgn berlari2 kecil gue coba ke masjid terdekat lainnya, ternyata mrk gak ngadain shalat ied, waduh kemana lg nih…ya udah dgn harap2 cemas gue coba ke masjid yg agak jauhan, jalan kaki, berharap mrk belum mulai…Alhamdulillah shalat belum di mulai krn mc nya masih teriak2 minta sumbangan :)…wuihhh leganya gak percuma gue puasa 1 bln ditutup dgn shalat ied…walaupun napas agak ngos2an abis lari2 kecil…

Di Indonesia tuh ada tradisi yg namanya mudik. Jd tiap lebaran dr bos2 yg mudik dgn pesawat sampe para pembantu yg mudik dgn berbagai macam transportasi dr bajaj, motor, bus, travel, truck, malah ada yg nekat mudik dgn skateboard yg jalannya mundur…he,he,he…Akibat dr tradisi ini kita2 yg di tinggalin pembantu terkena imbasnya krn harus kerja bahu membahu menyingsingkan lengan baju utk masak, nyuci baju dan dishes, nyapu, ngepel, belanja, sampe jd baby sitter….

Lebaran hari ke2 kita sekeluarga pergi ke makam bokap di jeruk purut, walaupun masih sedih tp gue udah kuatan skrg gak spt wkt pertama kali ke makam bokap. Selesai dr sana kita ke mertua nya kakak gw, terus gw jemput insan utk silahturahmi ke nasutions dan sumarnos. Alhamdulillah mrk dalam keadaan sehat dan seneng gue dateng… iyalah gue gitu lhoo…:)


TK TELADAN

Waktu pertama kali gw ke rumah nasutions di daerah polonia, nganterin ichank pulang si ichank bilang, “nih har ingetin rumah gw adanya di sebelah sekolahan” pas gue lirik sekolahan nya gue baca TK teladan…ha,ha,ha…ini kan TK gue dulu...gile bener…ya udah foto lah gw di depannya, dan terjadilah flash back di kepala gue, inget wkt pertama kali masuk TK, nangis krn ditinggal nyokap gak ditungguin, wkt pipis di celana di dlm kelas tp dgn pintarnya gw bilang ketumpahan air teh dr meja ibu guru…gile masih TK aja udah pinter ngeles…ha,ha,ha…kebayang senengnya wkt kecil dulu, sekolah cuma maen2 doang lari2an, nyanyi2, nari2 sama gambar2. Keinget jg my first kiss and my first love….hua,ha,ha,ha…kalo ini mah bo’ong abisss…seinget gue sih dgn belajar sungguh2 tanpa nyontek gue berhasil loncat kelas dr TK B langsung ke TK A, hi,hi,hi….


LASKAR PELANGI

Ini film yg diangkat dr sebuah novel yg sangat laris dr sang pengarang jenius Andrea Hirata, tentang 10 org anak2 miskin dr pulau Belitung sekitar thn 70an yg bersekolah di SD madrasah. Novel ini diangkat dr kisah nyata sang pengarang. Gw gak mau banyak cerita mengenai novel dan film ini biar pada penasaran….hi,hi,hi…kalo menurut gue filmnya lebih bagus dr novelnya, gue aja sampe nangis tersungguk2 nontonnya, jarang kan :)…kalo diliat dr siapa di belakang film ini sudah pasti deh jaminan mutu…sutradaranya Riri Riza (he is so brilliant), produsernya Mira Lesmana and soundtrack by Nidji (bagus buanget lagunya worth it di download), pemainnya Cut Mini (dia berhak dpt piala di Cannes film festival utk the best supporting actress), Tora Sudiro, Ikranegara, dan beneran anak2 dr pulau Belitung utk pemeran ciliknya, mrk jg berakting sangat bagus kalo mengingat where they came from. Kalo masih penasaran coba aja deh search di you tube. Pokoknya ini film Highly recommended dehhh…

1 comment:

Unknown said...

Waaa bae banget lo Har tengokin keluarga gue pas lebaran :) Jadi terheriiii :P Btw kalo lo bener TK dsitu berarti lo mungkin pernah ketemu gue or minimal Kak Ina thn 70an... hihihi maklumlah bokap gue kan grow up di rumah ini dr jaman dia kecil bgt, krn ini asalnya rumahnya alm. kakek gue. Dulu udah tradisi cucu2 main disana tiap minggu... dulu gue suka diajak liatin anak2 TK main sambil gue disuapin makan siang :P Jangan2 anak TK yg botak dulu itu elo Har?
Trus knp lo ga dateng ke rumah kakek gue pas lo ngompol minjem kolor?? heheh
-Ira