Monday, December 8, 2008

HaMburger pejaten



"toss" ki-ka: komar, owner, mbenk, ajum

13 nov 2008 akhirnya berdiri jg warung tenda hamburger gue yg gue beri nama HaMburger pejaten, berlokasi di pejaten raya no19, deket rumah.
Knp gue milih bisnis hamburger ini, krn selain buatnya gak susah, modalnya jg gak besar, cuma sekitar $10rb...he,he,he..
Warung ini mrpk pilot project gue, mau belajar gimana sih caranya bikin bisnis sendiri. Ternyata seru jg lo kalo kita punya bisnis sendiri...kalo bisnis makanan tuh tiap hari setelah buka kita bisa dpt uang cash...seru kan...berapa besarnya yah pastinya bervariasi dong....krn jaman kyk gini elo bisa dpt cash tiap hari tuh udah bagus banget....
Dari belanja, bikin burgernya sampe jualannya gue jalanin sediri...capek juga sih, tp seneng...aktivitas gue tuh dimulai dr abis shalat subuh, mulai deh tuh bersihin peralatan, nyiapin buat siang jualan. Kita buka tuh utk weekdays dr jam 1pm till 10pm, kalo weekend agak siang, dr jam 3pm till midnight. Lokasinya jg cuma didalam tenda seluas 3x4m dgn 4 meja, di pelataran parkir ruko di pejaten...sasaran pembelinya tuh dr kantor2 sekitar, anak2 sekolah sama perumahan sekitar...apalagi nanti mau ada pejaten mall gak jauh dr lokasi, mudah2an aja warung burger gue jd makin rame.
Yg gue jual tuh selain gue sendiri, hi,hi,hi...gak banyak menunya cuma beef burger Rp10rb, cheese burger Rp12rb, chicken burgerRp12rb yg semuanya bisa tambah telor Rp2500, french fries Rp8rb, thai ice tea or coffee Rp4rb, teh botol, aqua and soda...murah kan cuma sekitar $1, jd bisa di bilang dollar menu...Kita jg terima pesanan mini burger yg tanggapan nya alhamdulillah cukup baik dan delivery utk daerah sekitar.
Sampe sekarang yg belum 1 bln, customers nya udah lumayan, customer yg tetap jg udah ada, ternyata burger gue di gemari oleh anak2, dan tante2 serta cewek2 cantik, kt mrk yg bikin hamburgernya botak tp kok seksi banget yah kalo udah bolak balik daging, jd pengin deh dibolak balik sama si gundul yg seksi itu, itu katanya tante2 dan cewek2 cantik yg dateng loh, ha,ha,ha....
Bedanya burger gue dgn burger2 yg laen tuh di dagingnya, krn gue suka daging hidup..hi,hi,hi..burger gue itu mengutamakan dagingnya yg thick and juicy, bukan saosnya, spt burger2 lain yg sudah exist duluan...yah mirip2lah sama five guys...
Banyak banget ilmu yg gue dpt dr jualan burger kecil2an kyk gini, misalnya utk biaya produksi, makin lama setelah kita makin tau bisnis kita, kita tuh harus bisa memperkecil biaya produksinya.... tp yg pasti tuh utk ngejalanin bisnis apapun jg kita harus tau semuanya dr hulu sampe hilir, dgn begitu kita bisa tau semua masalah dan gimana cara mengatasinya...dan kita jg musti total jgn setengah2...ya insya Allah kalo kita udah niat, usaha dan berdoa usaha bisa maju dan berhasil...
poto ke2 diatas tuh gue and my crews, skrg mrk udah lumayan bagus, jd gue udah bisa pelan2 ngelepas tp tetep gue awasin kalo2 ada kekurangan. Suasana kerjanya jg enak...siapa dulu dong bossnya..
Utk ulasan, poto2 dan komen bisa di liat lebih lanjut di fesbuk, kalo ada yg belum punya fesbuk, bikin dong...fs mah udah gak laku...

1 comment:

Unknown said...

Congrats on your new business Har!! Terinspirasi dr Hamburger Hamlet yaaa yg di Rockville (kangen ga sih lo?) Koq lo selama disini ga pernah bikinin burger buat gue sih??? Rese lo. Iya nih kayaknya cuman gue aja yg ga di Facebook, gue juga udh basiin FS gue... hehehe biar mysterius donk gue ga bisa di track down, kalo kangen ama gue harus email or telpon donk, old school style. hehehe

-Ira