Friday, November 21, 2008

71thn


15 nov 2008, hari ini hari ulang tahun almarhum papa yg ke 71 seandainya beliau masih ada. Sudah agak siang waktu gue, aci and nyokap sampai di makam papa di jeruk purut, suasana di sana sangat sepi, mgk krn sudah siang dan waktu itu habis hujan lebat, jadi tidak ada orang yg datang utk ziarah.
Makam papa itu seperti gbr di atas ada 2 nisan krn ditumpuk dgn makam kakek, dan ini biasa dilakukan di sini, krn keterbatasan lahan. Gw mimpin doa utk papa...alfatihah....ya Allah ampunilan dosa2 dan kekhilafan papa, terimalah segala amal ibadahnya, dilapangkan kuburnya, bukakanlah pintu surga utk papa ya Allah, dan terimalah beliau di sisiMU, di tempat yg paling mulia ya Allah. Dan bagi kami yg ditinggalkan diberikan kesabaran, kekuatan dan keikhlasan ya Allah....amiiin...
setelah selesai berdoa, kita bersihkan rumput2 yg tumbuh tidak beraturan biar jd rapi dan bersih lagi. Ada kesempatan sebentar utk merenung sblm kita pulang, sambil mata tertuju ke nisan, seakan akan gw ngomong sama papa, terlintas lah di kepala banyak sekali peristiwa dari wkt gw kecil yg nakal, masa2 abg yg menyulitkan ortu, masa2 kuliah, sampe masa seehhh gue gak jadi....gak abis2nya gue ngucapin kata maaf, krn gue ngerasa bersalah banget belum bisa "nyenengin" beliau sebelum beliau pergi...
Papa itu buat gue adalah seorg sosok yg sangat bisa di banggakan dan di jadikan idola, papa tuh sama anak2nya sayaanngg banget, jarang marah...yg gue inget papa marah sama gue tuh gara2 gue nempelin permen karet di rambut adek gue waktu kita masih kecil, masih SD....hi,hi,hi jahil banget gak seehh...itu aja yg gue inget selebihnya gak pernah marah tuh...dia jg seorg yg sangat baik, sederhana, kocak, bisa dekat dgn siapa saja dan sangat di segani dan di hormati bawahannya...
2thn lalu gue masih inget banget waktu di telp mama jam 3 pagi wkt DC, dia bilang kalo papa masuk rmh sakit keadaannya gawat krn darah tingginya kumat...wkt itu gue mau berangkat ngoran, kebayang gak jam 3 pagi, mau ngoran, masih setengah sadar dpt berita kalo papa dalam keadaan gawat di rmh sakit. Dengan segala kekuatan yg ada gue selesaikan tuh ngoran...sekitar jam 5:30 pagi mama telpon lagi bilang kalo papa makin gawat, doain aja, dan ikhlasin aja kalo ada apa2...serasa ini badan di samber seribu geledek dengernya...tp gak bisa ngomong di depan mama atau sedih krn itu akan bikin dia makin down...yg ada gue coba ngehibur mama kalo kita terus aja berdoa dan berusaha, pasrah aja serahin sama yg di atas...semoga papa bisa sembuh...
papa itu sudah terkena stroke, dulu ngomongya sempet pelo' setelah serangan yg pertama, tp masih bisa ditolong dan tdk perlu masuk rumah sakit. Sedih banget dulu kalo denger suara papa di telpon yg gak jelas krn pelo'..
Jam 9 pagi wkt gue lagi kerja, gue ditelpon Mang An adeknya papa bilang kalo papa udah pergi...inalillahi wa ina illaihi roji'un...langsung tanpa di perintah air mata menetes satu2 dgn teratur...bayangin di masa2 spt itu yg harusnya gue ada bersama keluarga gue ada di belahan dunia yg lain...sbg anak gue merasa amat bersalah...setelah itu gue ngomong sama mama...gue gak bisa ngomong banyak, tp mama di telpon kedengaran sangat tegar dan ikhlas...dia bilang ikhlasin ya papa pergi, kalo memang ini yg terbaik, drpd papa kesakitan....mama gak bisa liat papa kesakitan dan menderita krn pengobatan...doain aja supaya papa di terima disisiNya...
setelah ngomong sama mama, ngomong sama aci, adik gue yg marah2 dan teriak di telpon dia bilang "gimana sih papa pergi kok gak ada di sini!!"...... gue cuma bengong gak tau musti bilang apa...setelah silent sekitar 5 detik, akhirnya dia minta maaf...
Selesai bicara di telpon gue minta ijin pulang and take a day off tomorrow...krn gak mgk jg gue kerja dgn keadaan spt itu...
cuma arif yg gue telpon utk ngasih tau ke semua teman dan kerabat berita duka cita ini...dr tempat kerja gue pulang...membersihkan diri terus tika jemput dan kita sama2 pergi ke rumah arif...insan jg dateng k rumah arif.
Malemnya kita mengadakan shalat jenazah di apartemen andri dan ira dan membacakan yassin utk papa...temen2 yg laen jg dateng, mustofas, soemarnos, tika, insan, kemal, geni, eros, budi dan tari, risza, ichank...i don't think they're my friends, they're my family...utk semua yg membantu dan mendoakan papa gue sangat2 berterima kasih...semoga amal baik kalian di terima di sisiNya...amiiinn...
Gue janji sama diri gue sendiri kalo gw gak akan ngecewain papa dan berusaha semaksimal mgk utk membantu keluarga dan akan selalu bersama mereka...
mgk dari atas papa tersenyum melihat anaknya sudah pulang dan berkumpul kembali bersama keluarga.......
I miss u badly...wish I had a change to see u, or at least to talk to you...I am hoping to see you in my dream and that would be my sweet dream...love u dad...

No comments: