Wednesday, September 17, 2008

breaking news


Ini foto keponakan gue dr adik gue, namanya Rania, umurnya 11 bulan, mau ulang tahun yg pertama tgl 5 oktober, skrg lagi belajar jalan selangkah 2 langkah, dan seneng nya jerit2 sama makan, walaupun baru 11 bln tp beratnya 11 kg lho….montok dan menggemaskan lah. Dia tingal di rumah, jd tiap hari tuh ada mainan, he,he,he…

Breaking news yg mau gw tulis tuh mengenai pembagian zakat di daerah pasuruan, jawa timur. Jadi ada Pak Haji yg sudah biasa tiap tahun nya membagikan zakat setiap pertengahan bulan ramadhan, nah tahun ini beliau pun ingin membayarkan zakatnya. Jadi pada tgl 15 hari senin kemarin di rumahnya yg bersebelahan dgn mushola dan masuk ke dalam gang, sejak pagi hari jam 8 pagi sudah mulai dipadati dgn ibu2 yg datang utk menerima zakat dr pak haji.Tidak ada nya koordinasi dgn polisi dan minimnya panitia zakat tersebut, menyebabkan ibu2 yg makin banyak datang ke lokasi semakin berdesak2an dan saling berebut masuk ke dlm pintu gerbang rumah pak haji utk menerima zakatnya. Bayangkan ada kurang lebih 5000 ibu2 yg memadati pekarangan di depan pagar rumah pak haji, gak tau dr mana aja ada 5000 org ibu2 yg datang, itu kan setengahnya kapasitas Verizon center, dan mrk memadati sekitar rumah pak haji yg tdk terlalu besar, kebayang gak spt apa rame dan padat nya, nginjek tanah jg mgk udah gak bisa krn terlalu padat, …dan mrk berebut utk menerima zakat yg besarnya…. Rp20rb !!!!

Kabarnya pak haji sudah menyiapkan uang sekitar Rp50jt dan ingin di breakdown Rp30rb per kepala, tp krn yg datang more than he expected dr Rp30rb diturunkan jd Rp20rb, dgn harapan semua org kebagian. Maka terjadilah saling dorong, berdesak2an, sikut2an dan yg mengenaskan injak menginjak, krn mrk saling berebut, tdk mau antri, krn mrk memang tdk mengenal budaya antri dan minimnya keamanan dan koordinasi antar pemberi zakat.

Akibatnya sangat amat menyedihkan, 21 orang meninggal terinjak2 dan sekitar 16 orang lainnya luka2, innalillahi wa inaillaihi rojiun…. Fotonya gak tega gue post up disini, mendingan cari sendiri, mgk di you tube juga udah ada. Search aja zakat di pasuruan, atau korban pembagian zakat atau apalah….

Pak haji selaku pemberi zakat dan putranya sebagai ketua panitia sudah diinterogasi secara intensive oleh polisi, dan kemungkinan akan terkena pasal yg menyebutkan “karena kelalaiannya mengakibatkan kematian org lain”.

Peristiwa ini insya Allah mjd peringatan dan yg terakhir terjadi di dunia, khususnya di Indonesia. Coba bayangkan org yg berniat baik ingin membayarkan zakatnya, tp krn kelalaiannya mengakibatkan kematian org lain…sungguh sangat tragis….

Banyak cara memang utk menyalurkan zakat, spt menyalurkannya lewat masjid2, badan pengelola zakat, red cross, RT or RW setempat, atau kelurahan. Tapi memang ada org yg ingin membagikan langsung zakatnya krn ketidak percayaan akan badan zakat dan kepuasan batin sendiri kalau dpt menyerahkan langsung zakatnya, tp tolonglah jika memang ingin membagikan zakatnya langsung dalam jumlah besar, bisa meminta bantuan dr kepolisian atau pihak keamanan shg dpt terjadi koordinasi yg baik.

Dan ini yg berulang kali gue teriak2 utk diterapkan, kalo belum ngerti juga paling gak belajar dan ada kemauan utk mengerti…BUDAYA NGANTRI…di kantor, di pasar, di jalan, di rumah,di sekolah, di WC, di bank, di toko, di mana aja deh, gak usah saling serobot, saling sikut, saling dorong, mau menang sendiri, gak peduli dgn org lain, marah2, semua org mempunyai hak yg sama!!!

P E A C E

No comments: